KETERBACAAN SERI EDUKASI CORONA KEMENPPPA RI
(Tingkat Keterbacaan Materi Edukasi Covid-19 oleh Anak-Anak menggunakan Cloze Procedure)
Keywords:
Readability, cloze procedure, anak-anak, edukasi CoronaAbstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterbacaan seri edukasi Corona dari Kemenpppa RI. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengukur seberapa mudah informasi dari Kemenpppa berupa materi edukasi kesehatan, dipahami oleh kalangan anak-anak yang menjadi target sasaran. Seri edukasi Corona merupakan materi edukasi yang bertujuan agar anak-anak ikut andil menjaga keselamatan dan kesehatan dirinya. Namun dalam memahami teks seri edukasi tersebut, anak-anak tidak terlepas dari pengalaman mereka yang mempengaruhi pemahamannya terhadap teks. Untuk itu, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterbacaan serial edukasi Corona yang terdiri dari 10 seri yang diterbitkan oleh Kemenpppa dengan menggunakan cloze procedure. Konsep yang akan digunakan teori informasi Shannon dan Weaver yang berbicara mengenai pengiriman sejumlah informasi yang maksimum melalui saluran yang ada untuk membawa informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe deskriptif. Sementara metode yang digunakan adalah metode readability dengan teknik cloze procedure. Responden dipilih dari anak-anak yang berusia 7-9 tahun dan bersekolah di tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterbacaan seri edukasi korona Kemenpppa RI ada pada kategori standar. Artinya bacaannya tidak sulit tetapi juga tidak mudah dipahami secara umum oleh anak-anak. Sejumlah faktor mempengaruhi tingkat keterbacaannya, yakni usia responden, pengalaman terhadap materi bacaan, serta pengetahuan responden terkait penggunaan bahasa Indonesia dalam bacaan.
References
Buku
Benjamin, Rebekah George. 2011. Reconstructing Readability: Recent Developments and Recommendations in The Analysis of Text Difficulty, University of Georgia, USA
Chall, J.S & Dale E. 1995. Readability Revisited : The new Dale-Chall Readability Formula, Cambridge, Massachusttes, : Brookline Books.
Crossley Scott A, David B Allen & Danielle S Namara. 2011. Text Readability and Intuitive Simplification : A Comparison of Readability Formulas
Green A. Unaldi A & Weir C.2010. Establishing the appropriacy of Text of academic reading, Languange Testing, 27(2), 191-211
Heibert E.H Pearson P D.2010. An Examination of Current Text Difficulty Indices with early reading text. Santa Cruz : Text Project Inc
Lin-Wern Wang, Michael J Miller, Micahel R Scmitt, Frances K Wen. 2013. Assessing Readability Formula Differences with Written Health Information Materials : Application, Results and Recommendations. Research in Social and Administrative Pharmacy
Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. 2017. Theories of Human Communication, 11st Ed. Jakarta, Salemba Humanika
McNamara, D Crossley & Mc Carthy P. 2010. Linguistic Features of Writing Quality Written Communication 27(1), 57-68, doi:101177/0741088309351547
Severin Werner J & Tankard James W. 2011. Teori Komunikasi : Sejarah, Metode dan Terapan di Dalam Media Massa, Jakarta, Kencana
Wimmer Roger D & Dominick Joseph R. 2010. Mass Media Research : An Introduction. 9th Ed. Wadsworth Cengage Learning
Zakulak, Beverly L, Samuels S Jay. 1988. Readability : “It Past, Present and Future”, Newark, Delaware : International Reading Association Inc.
Jurnal
Ginanjar, Agi Ahmad. 2020. Analisis Tingkat Keterbacaan Teks dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia, Junal Literasi, vol. 4 No 2.
Artikel di Internet
Fernandes, Michelle, “Virus corona: Mengapa anak-anak tidak imun terhadap Covid-19?”, diambil dari https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-52188757,7 April 2020.
Sari, Haryanti Puspa, Ginanjar, “Wamenkes Ungkap Anak Usia 7-12 Tahun Lebih Banyak Terpapar Covid-19", diambil dari www. kompas.com, 30 Juni 2021.